Menggagas Ulang Pengajaran Matematika di Sekolah

Ini adalah satu video yang PATUT ditonton oleh para penulis buku pelajaran sekolah. Dan Meyer berhasil menohok para pembuat buku Matematika yang telah sukses membuat murid malas mempelajarinya. Ini semua dikarenakan para pembuat buku pelajaran tidak meletakan diri mereka pada posisi murid.

Mengapa murid takut pada soal-soal di buku Matematika. Karena mereka tidak punya inisiatif, kurang tekun, dan malas menghafal. Ini terjadi karena sebuah soal Matematika sering dibuat bercabang menjadi begitu banyak sehingga murid langsung kehilangan semangat untuk mencoba mencara jawabannya. Belum lagi si penulis soal merumuskan masalah matematika dalam kalimat yang rumit sehingga saat murid membacanya, mereka lebih menaruh perhatian pada kalimat soal daripada persoalan itu sendiri. Problem Matematikan langsung berubah menjadi problem kalimat dan susunan kata.

Daripada membanjiri murid dengan begitu banyak pertanyaan terhadap suatu soal, jauh lebih bagus apabila pembuat buku menulis soal yang paling relevan terhadap sebuah problem Matematika. Lebih lanjut lagi, soal matematika harusnya langsung menanyakan apa yang sesungguhnya menjadi persoalan utama. Dan menunjukan hal ini lewat video tentang seseorang yang mengisi sebuah wah air dengan selang.

Sudah waktunya penulis buku pelajaran berpikir sederhana dan memfokuskan perhatian murid pada hal-hal yang nantinya akan dihadapi murid dalam kehidupan nyata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s