The Girl Who Leapt Through Time (2006)

 

Tuhan memberikan banyak anugerah pada umat manusia, bahkan mereka yang cacat fisik/mental pun memiliki anugerah yang unik. Namun, dari semua anugerah tersebut, Tuhan menyimpan satu untuk dirinya sendiri: Kemampuan untuk mengatur arus waktu. Ini adalah satu anugerah yang tidak akan pernah dibagi kepada manusia karena Tuhan tahu betapa keegoisan manusian mampu menyalah gunakan kemampuan tersebut. Dan inilah yang menjadi inti dari filem The Girl Who Leapt Through Time.

Filem yang dirilis pada tahun 2006 mengangkat tema kedewasaan remaja, cinta pertama, dan lompatan waktu yang dibungkus dalam bentuk Anime ber-genre drama. Makoto, seorang gadis SMA, suatu saat mendapati dirinya memiliki kemampuan untuk meloncat ke masa lampau dan mengubah kejadian di masa lalu untuk memperbaiki nasibnya. Namun karena ia belum tahu kegunaan kemampuan barunya itu dan ia masih memiliki sifat egois remaja, ia meloncat ke masa lalu sesuka hatinya tanpa menyadari bahwa apa yang ia lakukan membuat kehidupan orang lain juga berubah. Ketika Makot menyadarinya, ia cuma punya satu kesempatan untuk lompat ke masa lalu guna meperbaiki hidupnya dan tidak kehilangan teman-teman dekatnya.

Filem ini diangkat dari novel dengan judul yang sama, namun dengan perubahan sedikit, mampu meraih gelar filem animasi terbaik di Jepang 2006. Meski tidak masuk nominasi Oscar, filem ini memiliki predikt terbaik di Rotten Tomatoes dengan skala 87% segar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s