10 Sistem Kesehatan Terbaik di Dunia

Menyambut UU Reformasi Kesehatan yang baru diloloskan dalam Senat AS, How Stuff Works membuat daftar 10 sistem kesehatan yang ada di dunia. Siapa tahu, daftar ini bisa memberikan pencerahan bagi DPR Indonesia, jika mereka peduli.

1. Perancis: 70% biaya kesehatan ditanggung pemerintah lewat pemotongan gaji karyawan. Sisanya, ditutupi oleh masyarakat dengan asuransi. Memang, pemerintah terlalu boros dalam belanja medis namun Perancis memiliki tingkat kematian paling rendah (sumber WHO). Amerika justru yang tertinggi. Pokoke, pemerintah negara ini memang paling royal sama warga negaranya sendiri.

2. Jerman: Semua warga negaranya wajib harus kudu punya asuransi yang disediakan oleh lembaga nirlaba. Untuk membiayai, gaji seorang pegawai dipotong 8% dan sisanya ditutupi oleh perusahaannya. Untuk warga kelas atas, kaya atau tajir, mereka disarankan memilih asuransi non-nirlaba.

3. Inggris: Asuransi kesehatan warga ditanggung negara dan bahkan rumah sakit serta dokter diurus oleh negara. Biaya ini semuanya diambil dari pajak. Biaya konsultasi ke dokter dan obat yang diterima gratis, kecuali obat resep.

4. Kanada: Biaya kesehatan ditanggung oleh negara. Berarti, dokter serta rumah sakit menagih pembayaran ke pemerintah. Pasien tidak akan pernah menerima bon!!!. Tentunya, pajak yang menjadi kuncinya.

6. Taiwan: Biaya ditanggung sepenuhnya oleh negara. Kehebatannya ada pada pengurangan biaya administratif. Dengan Smart Card, pasien serta dokter tidak perlu lagi repot dengan tumpukan kertas dan dokumentasi kesehatan. Tentu saja, gaji pegawai dipotong serta sisanya ditutupi oleh perusahaan.

7. Kuba: Tingkat orang sakit rendah karena karena kuncinya ada pada kampanye pencegahan penyakit. Pemerintah Kuba sangat royal dalam mengkampanyekan pola hidup sehat sehingga tingkat sakit serius di negara ini sangat rendah. Biaya yang dikeluarkan pemerintah Kuba lebih rendah daripada AS.

Selengkapnya baca di How Stuff Works: Health System

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s