Kelas Dalam Kenangan: Bagian 4

Tahun 2007 (Annus Mirabilis)
Ini adalah tahun terbaik karena saya mendapatkan kelas-kelas yang hebat sepanjang tahun tersebut, mulai dari tingkat SMP hingga SMA.

Intermediate 2, Selasa-Kamis, Term 1 (2007)
Sekali lagi kelas terbaik yang pernah saya ajar. Murid-muridnya bukan yang terpandai tapi mereka memiliki semangat yang tinggi. Hanya sedikit yang pandai sedangkan yang lain termasuk rata-rata. Jika mendapat guru yang baik dan mempu menyalurkan energi positif, murid yang rata-rata ini mampu menunjukan peningkatan prestasi belajar. Tapi jika mendapat guru yang memberikan energi negatif, kinerja mereka akan menurun. Ini akan terbukti saat kelas tersebut dipegang oleh guru lain di tingkat berikutnya.

Tokoh utama di kelas ini tidak ada karena semua murid memiliki banyak kesamaan sifat. Sekali lagi, yang diperlukan cuma sedikit percikan api untuk mengobarkan semangat belajar murid-murid ini. Inilah yang terjadi ketika saya menjadi wali kelas tersebut pada periode pembuka tahun ajaran 2007. Reaksi kimiawi di kelas ini sangat LUAR BIASA. Guru dan murid bisa berbaur dengan baik sebelum bulan pertama habis. Melaksanakan kegiatan belajar dalam bentuk apapun di kelas ini juga tidaklah sulit. Bahkan murid-murid yang lamban dalam belajar pun tidak mengalami kesulitan berarti saat mempelajari topik-topik yang sulit sekalipun.

Biarpun begitu ada beberapa individu yang saya ingat seperti Obed dan M. Fadli, murid paling pandai di kelas. Dari murid wanita, saya hanya ingat Aria yang bawel.

CIE 2, Selasa-Kamis, Term 2 (2007).
Kelas CIE yang satu ini termasuk unik karena saya tidak selalu mendapatkan kelas SMP yang muridnya begitu ceria seperti yang satu ini. Mayoritas murid didominasi kelompok wanita dan menyisakan lima kursi saja untuk kaum pria. Lucunya, murid pria di kelas ini termasuk pendiam sedang murid wanitanya adalah kelompok yang cerewet.

Pada periode ini saya berjumpa dengan Conny, Amel dan Nurul. Saya juga bertemu dengan Helena, murid pendiam tapi manis (dan ternyata juga Batak, tapi kok tidak terlihat dari wajah ya?). Conny sejak hari pertama sudah menunjukan sifatnya yang bawel dan ceria. Teman sekelasnya Nurul juga menjadi penyeimbang dari ego Conny. Seandainya salah satu dari mereka absen, kelas tidak menjadi begitu ramai. Biarpun begitu, kan masih ada Helena dengan senyumnya yang manis,🙂

Nantinya, di CIE 6 saya bertemu lagi dengan Amel dan Helena. Hari terakhir mengajar di kelas ini tidak menggembirakan bagi saya.

Intermediate 3 dan 4, Selasa-Kamis, Term 2 & 3 (2007).
Kelas yang hebat dan menyenangkan. Saya mendapatkan kelas ini dengan cara yang curang. Seorang guru lain harusnya memegang kelas ini namun saya berhasil mengelabuinya sehingga kami pun bertukar kelas, masih dalam tingkat yang sama. Apa alasan bertukar adalah rahasia. Jika ingin tahu, harap pakai jalur pribadi (japri) (red: email atau chat).

Kembali lagi saya bertemu dengan Ola dan Ica, dulu kami pernah bersama-sama di CIE 1. Murid-murid di kelas ini termasuk rata-rata, dapat dihitung dengan jari siapa yang pandai serta serius belajar. Biarpun begitu, kelebihan kelas ini ada pada sifat muridnya yang suka cara belajar santai, tidak serius setiap saat. Budaya kelas ini cocok dengan sifat saya yang cenderung santai tapi serius dalam proses belajar. Kembali lagi, saya mengalami suasana yang sangat menyenangkan dalam interaksi bersama murid-murid. Setiap kegiatan belajar di kelas dapat berlangsung lancar tanpa menemui hambatan berarti. Dalam kelas ini, saya dapat menjalankan tuga mengajar dengan baik sementara murid dapat melaksanakan kegiatan belajar seperti yang sudah saya rencanakan.

Murid cantik di kelas ini cuma satu, Anisa aka Ica. Oh yeah, the whole universe in this class revolved around her. Bahkan Alwi pun paling sering bekerja satu kelompok dengannya.😉 Setelah mengajar dua kali, saya terpaksa berpisah dengan murid-murid menyenangkan di ruang 307. Indahnya, mereka memberikan saya sebuah hadiah yang memang saya selalu ingin untuk membelinya, sebuah penjepit dasi. Seolah-olah murid ini bisa membaca pikiran saya.

Intermediate 2, Sabtu, Term 4 (2007)
Kelas yang satu ini sebetulnya sudah saya ajar dari term 3 pada tahun yang sama. Namun, masa terbaik dan terindah justru terjadi pada term 4. Secara umum, murid di kelas ini termasuk diatas rata-rata. Hanya beberapa saja yang kurang begitu baik prestasinya. Meskipun kelas ini termasuk kelas cemerlang, karakter kelas ini justru termasuk santai. Lagi-lagi, saya mengalami momen terbaik dimana terjadi persenyawaan kimia yang baik antara diri saya dan murid-murid di kelas ini.

Komposisi murid di kelas ini kembali lagi didominasi wanita, kaum pria hanya sedikit–Budi, Edo, Yohan, … (satu lagi lupa namanya). Ini masih lebih baik daripada Inter-1 dimana murid prianya cuma satu! Uniknya, kaum wanita di kelas ini tidak termasuk yang paling cerewet. Sedangkan, kaum prianya cenderung kalem.

Murid cantik di kelas ini jelas cuma Ilmah (red: cuma?). Iya dong, nggak ding. Tapi Ilmah adalah perpaduan dari kecantikan dan kepandaian. Ketrampilan bahasa Inggrisnya terbilang menonjol, begitu pula paras ayu wajahnya (brain and beauty). Hanya saja, Ilmah punya kebiasaan tidak lazim dimana ia bisa saja tiba-tiba berbicara sendiri di tengah-tengah porsi saya saat berbicara di depan kelas (seolah-olah ada sebuah impuls yang mendorong dia untuk bicara secara tiba-tiba, it was cute though) Untuk menghormati yang lain, ada Lintang yang imoet loetjoe dan Aulia yang cantik tapi kurus. Murid lain yang saya ingat adalah Sunny, Epiphania yang cerewet, Desi, Edo, Budi, Yohan, dan Ryna.

Ini adalah sebuah kelas yang selalu saya nanti-nantikan setiap minggunya. Sayang saya harus berpisah karena sudah dua kali mengajarnya berturu-turut.

Leave a Reply

