Pengalaman Baik Dengan eStore Ratu Plaza

Ini hanya sekedar berbagi pengalaman saja buat teman-teman pemilik Macintosh. Dua minggu lalu, saya memasukan MacBook putih saya atas dasar keluhan layar LCD yang sering berkedip-kedip, flickering, setiap kali komputer idle selama satu menit. Layar berkedip-kedip ini hanya terjadi pada saat komputer tidak digunakan. Lucunya, begitu jari saya menyetuhtrackpad, gejala kedip-kedip ini berhenti. Kondisi ini mendera saya untuk periode waktu yang cukup lama.

Sebenarnya ini adalah masalah lama yang sudah mengganggu saya semenjak 1,5 tahun lalu. Saya sendiri sudah pernah membawa laptop ke eStore di awal 2009 untuk diperiksa. Pada waktu itu, pemeriksaan menunjukan hasil yang nihil. Menurut laporan teknisi, layar tidak menunkan keanehan apapun. (Mungkin masih belum kelihatan celah kesalahannya kali ya?)

Setelah seminggu diperiksa, eStore mengembalikan laptop saya. Pada hari pertama dan kedua, gejala flickr di LCD memang tidak terjadi. Tapi pada hari ketiga, LCD kembali lagi mengalami flickering. Lagi-lagi, ini terjadi ketika komputer sedang idle dan masuk fase redup. Normalnya, jika idle lebih dari semenit, LCD hanya meredup beberapa menit untuk kemudian disusul oleh Screensaver sebelum akhirnya mati sendiri. Di Mac saya, begitu komputer masuk fase idle, LCD-nya langsung flickering dan berlanjut terus hingga periode sreensaver. Untuk mengatasi hal ini, saya biasanya menggunakan aplikasi Caffeine, jadi LCD-nya melek terus.

Kesal menghadapi gangguan flickering ini, akhirnya saya memutuskan untuk membawa kembali Mac tercinta ke eStore untuk pemeriksaan lebih menyeluruh, apalagi garansi APP tinggal 2 bulan lagi. Agar lebih meyakinkan, kali ini saya rekam juga kondisi flikcering dengan kamera digital dan hasilnya disimpan di HD komputer agar para teknisi bisa membandingkan dan mencari penyebab sesungguhnya.

Setelah dua/tiga hari diperiksa, teknisi eStore berhasil menemukan sumber masalah dari flicker ini. Ternyata, ada sebuah kabel xxx inverter yang sudah mulai aus dan bertanggung jawab atas LCD yang sering berkedip-kedip ini. Kabel ini menghubungkan motherboard ke LCD dan karena proses pemakain yang rutin mulai mengalami keausan. Tadinya saya kira ada masalah dengan backlight LCD namun menurut diagnosa hanya kabel itu saja yang bermasalah. Akhirnya, eStore memesan kabel tersebut ke Singapura dan begitu sampai langsung memasangnya ke si Mac. Setelah lewat pengujian beberapa waktu, flicker tidak terjadi lagi. Kini, my beloved-never-letting-me-down MacBook putih kembali lagi ke pelukanku.

Terima kasih banyak untuk teknisi eStore yang telah bekerja tekun untuk mencari sumber masalah dan memperbaiki laptopku. eStore Rocks!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s