Tiga Toko Buku Impor Terbaik

Untuk banyak penggemar membaca buku, nama Gramedia dan Gunung Agung sudah akrab di telinga sebagai tempat yang paling sering dikunjungi konsumen lantaran koleksi bukunya yang lengkap. Selain kedua toko buku itu, ada juga toko buku Kharisma,Leksika, dan TM Bookstore. Meskipun Gramedia, Gunung Agung, Kharisma, dan TM Bookstore. Hanya saja, keberadaan toko-toko dengan nama besar dan koleksi yang banyak masih belum memadai khususnya bagi sebagian kecil orang haus akan buku bahasa asing (impor). Akan tetapi, para peminat buku terbitan luar negeri sekarang sudah tidak perlu bersusah hati apabila ingin mencari buku impor karena di kota Jakarta sudah muncul beberapa toko buku impor yang bermutu dan bonafide. Dari pengalaman saya mengunjungi, mencari dan membeli buku bahasa asing, saya merekomendasikan Periplus, Kinokuniya, dan Aksara sebagai toko buku terbaik untuk bacaan-bacaan terbitan luar negeri.

 

Periplus adalah toko buku yang baik Anda yang senang mencari buku-buku terbitan terkini dan populer. Buku-buku yang dipajang kebanyakan adalah terbitan terbaru untuk semua kategori yang dijual. Jarang sekali Anda melihat buku-buku terbiatn dua atau tiga tahun yang lalu. Selain terbitan terkini, toko ini menspesialisasikan dirinya untuk penjualan buku-buku yang sedang populer. Sebagai contoh, novel fiksi yang dijual didominasi oleh pengarang populer seperti Dan Brown, Paulo Coelho, Stephen King, John Grisham, Danielle Steele, Sidney Sheldon, dan lain-lain. Dengan kata lain, Anda akan sulit menemukan buku-buku sastra klasik jaman dahulu di tempat ini. Selain buku fiksi, toko ini juga menjual buku biografi, autobiografi, manajemen, buku anak, majalah luar negeri, dan ensklopedia. Khusus ensiklopedia, Periplus memiliki koleksi ensiklopedia yang cukup banyak mengenai subyek terkini seperti olahraga, militer, budaya, otomotif, serta lainnya. Sayangnya, koleksi subyek yang dijual tidaklah banyak lantaran ia hanya menargetkan pembeli yang mencari buku-buku terbaru. Sudah begitu, toko ini jarang mengadakan promosi potongan harga. Untuk mencarinya, Periplus cuma dapat dijumpai pada mal-mal berkelas seperti Plaza Indonesia. Cabang lainnya juga ada hanya saja saya tidak tahu secara persis.

 

Kinokuniya menjadi rekomendasi yang paling baik buat Anda yang tidak hanya mencari buku terbaru tapi juga menginginkan koleksi subyek yang banyak pula, serta mencari buku dalam cetakan bahasa Jepang. Keunikan toko Kinokuniya ada pada kekhasannya dalam menjual buku berbahasa Jepang. Toko ini sendiri memang berasal dari Jepang dan nampaknya sengaja masuk ke Indonesia untuk memuaskan kerinduan orang Jepang yang tinggal dan bekerja di sini akan adanya bacaan-bacaan dalam bahasa ibu mereka. Koleksi buku Jepangnya termasuk banyak dan terbagi dalam beberapa subyek, bahkan juga komik (manga). Jadi, penggemar komik Jepang bisa mencari buku aslinya di toko ini. Tentunya, koleksi terbitan dalam bahasa Jepang hanya sebagian kecil saja dari toko ini karena koleksi terbesar adalah dalam bahasa Inggris—novel, majalah luar negeri, biografi, ensiklopedi, kamus, komik, buku anak, desain, fotografi, dan banyak lagi. Bagusnya lagi, toko ini tidak membatasi diri seperti Periplus karena ia menjual baik buku populer dan bacaan serius. Lantaran buku yang dijual beragam, Kinokuniya sendiri selalu menempati tempat yang luas di mal-mal eksklusif seperti Plaza Indonesia, Grand IndonesiaPlaza Senayan dan Pondok Indah Mal 2. Yang patut disukai dari tempat ini adalah seringnya Kinokuniya mengadakan acara-acara tematis setiap tahunnya, seperti, peringatan lingkungan hidup, hari anak, hari ibu, Imlek, Lebaran, dan Natal. Lebih bagus lagi, Kinokuniya termasuk sering mengadakan promosi diskon buku, biasanya dalam rangka hari ulang tahun toko. Diskon yang diberikan juga tidak tanggung-tanggun, 20-40 %.

 

Aksara menjadi toko terbaik untuk Anda yang mencari buku-buku bacaan serius dan benda-benda unik. Buku-buku bacaan di toko ini didominasi oleh bacaan serius dalam bidang ekonomi, manajemen, politik, sejarah, spiritualisme, biografi, sejarah, dan sastra. Yang terakhir menjadi andalan toko ini lantaran koleksi buku sastra yang banyak, menempati satu rak yang panjang, dimulai dari sastra klasik (Shakespeare, Melville, Hugo, D.H. Lawrence, Tolstoy) hingga kontemporer (Coelho, Marquez, Kafka, Kundera). Selain subyek tersebut, Aksara juga mengambil kekhususan dalam bidang desain dan arsitektur, seperti yang terlihat dari banyaknya koleksi buku bagai para professional di bidang desain. Untuk kategori bacaan ringan, pengujung mendapatkan pilihan seperti buku-buku anak, majalah luar negeri, dan, yang terbaru, novel grafis. Akan tetapi, Kinokuniya memiliki koleksi novel grafis yang lebih banyak daripada Aksara. Yang membuat tempat ini unik dari kedua tempat di atas adalah koleksi non-buku yang dijualnya—kamera Lomo, piringan hitam, musik (CD), DVD, dan kaus. Keistimewaan inilah yang mebuat Aksara memiliki jati diri yang khas. Untuk musik, Aksara mengambil posisi dalam bidang musik Indie dan musik elektronik, sedangkan koleksi DVD-nya adalah filem-filem impor yang non-komersil. Kaus yang dijual di tempat ini juga termasuk pilihan unik lantaran sablon-nya kebanyakan tentang band-band legendaris, jadi bukan kaus pasaran. Bagi penggemar Lomografi, Aksara dalam pengetahuan saya menjadi satu-satunya tempat untuk mencari kamera dan filem bagi hobi mereka. Satu kekurangan tempati ini adalah jarangnya mereka mengadakan diskon. Tidak seperti Periplus dan Kinokuniya, Aksara agak pelit dalam memberikan potongan harga dari buku-buku yang dijualnya. Namun, belakangan toko ini mulai memberikan periode diskon besar, bahkan hingga 70%. Bisa jadi, manajemen toko tersudut lantaran banyak buku-bukunya yang belum laku terjuala karena harga yang dipasang masih dianggap banyak konsumen kemahalan. Semoga, periode diskon ini bukan sekedar gimmick untuk menghabiskan persediaan buku di gudang saja. Jika tertarik, Aksara dapat ditemukan pada mal-mal kelas atas seperti Pacific Place, Plaza Indonesia, CiToS, dan toko pusatnya di Kemang.

 

Nah, itulah ketiga toko buku impor rekomendasi saya yang patut mendapatkan kunjungan istimewa dari Anda. Saya merekomendasikan ketiga tempat di atas bukan hanya karena saya sering menyambanginya tapi juga koleksi dan layanan khusus yang mereka tawarkan—koleksi buku, diskon, barang unik. Anda mungkin punya rekomendasi sendiri untuk toko buku impor? Saya merasa senang untuk mengetahuinya. J

9 responses to “Tiga Toko Buku Impor Terbaik

  1. ada buku yg berjudul english for telecoms karangan simpson, ian dan derek utley gak? (atau buku yg buat teknik informatika). saya baru mencari buku juduk reading text karangan betty schwarzenegger.

  2. Untuk buku-buku akademik, coba kunjungi toko Djakarta Bookstore di daerah Jatinegara, dekat gedung BRI. No telepon: (021) 8517045 atau (021) 8517051

  3. Hi, toko buku impor ada juga yang lain. Kayak Periplus, kinokuniya, dan BooksBeyond. Kalo periplus, diakhir tahun biasanya ngasih diskon ampe 50%, dan menariknya banyak temen gue yang aktif di twitter bilang bisa order langsung lewat twitter atau websitenya Periplus.com. Kalo kinokuniya, ruangannya gede, cozy kayak rumah, walau tak banyak tokonya. Kalo soal pesan online, kayaknya belum ada. Ehmmm, harga agak sedikit mahal. Kalo book&Beyond tidak terlalu sering sieh. Bisa tanya juga lewat twitter kok untuk ordernya. Lagi promo diskon tuh! Oh iya satu lagi, ada toko buku import juga di bandara bali namanya WHSmith. Jual buku impor sieh tapi ngak banyak referensi judulnya. Sempet keliling hunting, tapi ndak jadi beli!

  4. ada nggak buku penyusunan rencana pengembangan kawasan industri bppt press, 2004 atau buku kawasan industri indonesia , penulis Dirdjojuwono

    • Silahkan tanyakan pada toko Kinokuniya. Atau Anda cari distributor resmi dari penerbit buku tersebut. Untuk buku terbitan Cambridge, penyalurnya adalah Mentari Books.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s