Perang Cobra Ferrari

Dunia balap sering diwarnai oleh persaingan antar pebalap dan tim balap. Masing-masing pihak selalu berusaha untuk melebihi yang lain lewat kerja keras dalam meningkatkan kemampuan tim dan individu untuk menjadi yang terbaik di lintasan balap. Salah satu persaingan legendaris di dunia balap mobil adalah persaingan antara pabrik mobil Ford melawan Ferrari. Lebih dari itu, persaingan ini juga adalah perang antar dua individu besar dalam dunia balap: Carroll Shelby vs Enzo Ferrari. Kedua perusahaan dan kedua pebalap bersaing untuk menjadi yang terbaik karena masing-masing memiliki kegetiran masa lalu terhadap yang lain.

Shelby adalah pebalap Amerika pertama yang menjadi juara di Le Mans tahun 1955. Saat itu ia menjadi pebalap tim Alfa-Romeo (Italia). Pensiun dari dunia balap karena alasan kesehatan, Shelby kembali ke Amerika dan beralih profesi dengan mendirikan sekolah balap. Tidak puas dengan kondisi pensiun, Shelby kemudian berniat kembali terjun di dunia balap. Namun, ia pertama-tama harus memiliki tim balap dan, yang paling penting, mobil balap. Tentunya, ini semua membutuhkan dana besar yang tidak Shelby miliki. Untunglah, keinginan Shelby menemukan momen yang baik ketika Ford sedang mencari cara untuk merajai dunia balap Amerika. Pada tahun 50’an, arena balap mobil di AS dirajai oleh mobil Chevrolet Corvette Stingray sedangkan mobil Ford tidak satupun yang mampun menyainginya. Maka, Ford menggunakan keahlian dan pengalaman Shelby guna membangun mobil balap yang mampu mematahkan dominasi Corvette. Lahirlah mobil AS Cobra, sebuah mobil dengan rangka buatan Inggris dan mesin truk Ford. Mobil ini kemudian dengan cepat menyaingi Corvette dan berhasil mematahkan dominasinya. Setelah berhasil merajai kejuaraan lomba balap di AS selama beberapa tahun, Shelby ingin membawa tim balap Ford Cobra ke Eropa untuk menjajal arena balap di sana.

Shelby ingin membawa mobil Cobra dan tim balap AS untuk mematahkan dominasi tim Ferrari di arena balap Eropa. Lebih dari itu, Shelby memiliki niat dendam kepada Ferrari yang selalu merendahkan kemampuan pebalap dari luar Eropa. Tanpa disadarinya, Ford juga ingin membawa mobil Cobra bertarung di arena balap Eropa setelah dipermalukan Enzo Ferrari. Ini terjadi ketika Ferrari secara sepihak membatalkan rencana penjualan pabriknyak kepada Ford, yang telah mengeluarkan banyak uang dalam usaha membeli perusahaan mobil balap dari Italia. Ketika dua pihak yang getir bersatu, terciptalah kekuatan besar untuk menghadapi Ferrari dan tim balapnya. Ford memiliki kekuatan uang sedang Shelby memiliki pengalaman. Keduanya memulai petualangan balap di Eropa dengan membawa mobil AC Cobra.

Perang Cobra dan Ferrari akan menjadi pertarungan penuh dendam dan dua pabrik mobil ternama dunia berada di belakang untuk menunjukan siapa yang terbaik di lintasan balap. Arena pertarungannya adalah balap ketahanan mobil 24 jam Le Mans. Pertarungan ini akan melahirkan mobil legendaris Ford Shellby Cobra yang kemudian akan menjadi basis bagi mobil Mustang hingga Ford GT 40.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s