Seven Ages of Rock: Dokumenter BBC 2

 

Ulasan Serial Dokumenter: 7 Ages of Rock

Baru-baru ini saya menonton serial dokumenter 7 Ages of Rock dari BBC dan VH 1 Classic. Serial dokumenter ini bertutur tentang perjalanan musik Rock dari masa ke masa dengan menggunakan perkembangan sub-genre musik Rock sebagai dasar alur cerita. 7 Ages memang bukan serial dokumenter pertama yang merekam jejak perjalanan musik Rock, akan tetapi serial ini termasuk yang terkini karena sudah mencakup genre terakhir seperti Brit Po dan Alternatif. Serial ini terdiri dari 7 episode–Rock & Blues, Art Rock, Punk, Heavy Metal, Stadium Rock, Alternatif, Brit Pop–yang masing-masing berdurasi tayang 1 jam kotor (bersihnya 50 menit tanpa iklan). Total durasi kesuluruhan, + 8 jam.

Ketika saya menemukan serial dokumenter ini untuk pertama kalinya saya berpikir akan mendapatkan sebuah perjalanan napak tilas sejarah musik rok dari awal hingga akhir. Ternyata, serial ini lebih tidak menceritakan sejarah musik rok secara garis besar tetapi lebih memilih pendekatan pada sub-genre musik Rock yang penting dan tokoh-tokoh penting pengusung sub-genre tersebut. Sebagai contoh, episode pertama tentang Rock & Blues lebih fokus pada Jimmy Hendrix dan pengaruhnya pada musisi Rock tahun 60-an. Episode Art Rock lebih fokus pada diri David Bowie dan bagaimana dirinya membentuk musik Rock tahun 70’an. Episode Punk masih mendingan karena mengangkat band Punk legendaris seperti Sex Pistols, The Ramones, The Clash, Patti Smith, The Damned, dll. Pola inilah yang dipakai di semua episode dan ini membuat serial dokumenter 7 Ages lebih cocok ditonton oleh mereka yang sudah memiliki dasar pengetahuan sejarah musik Rock yang baik. Mereka yang belum pernah belajar sejarah musik Rock sebaiknya jangan menonton serial ini dulu karena nanti pasti banyak pertanyaan bermunculan dalam benak mereka.

Alasan serial ini hanya pantas ditonton oleh mereka yang sudah belajar perkembangan musik Rock dari zaman ke zaman adalah karena banyaknya aliran musik dan artis/band yang tidak disebut, padahal mereka memiliki kontribusi besar bagi perkembangan musik ini. Sebagai contoh, Chuck Berry yang notabene adalah granddaddy/godfather dari musik Rock tidak dibahas sama sekali. Padalah peletak dasar-dasar musik Rock seperti yang kita kenal sekarang ini dimulai dari dia. Bahkan John Lennon pun sangat mengagumi dia hingga pernah berkata, “Jika ingin merangkum sejarah musik Rock, cukup sebut nama Chuck Berry.” Elvis Pressley sebagai Raja Musik Rock juga tidak dibahas. Musik Folk Rock yang diusung oleh Bob Dylan, Joan Baez, serta Simon & Garfunkel malah dilewatkan. Padahal, meski musik yang satu ini tidak terlalu komersil, Folk Rock mempengaruhi sekali band-band populer musik Rock dalam hal penulisan lirik dengan muatan protes sosial. Pembahasan art Rock cukup bagus dengan menampilkan David Bowie, Pink Floyd, dan Genesis. Lantas, bagaimana dengan Emerson, Lake, & Palmer, Yes, Electric Light Orchestra? Sepertinya BBC lebih fokus pada musik Art Rock dan meninggalkan Rock Progresif yang sebenarnya saling berkaitan. Pembahasan musik Post Punk Rock yang menjadi cikal bakal New Wave juga dilewatkan. Hasilnya, penonton tidak akan mendapatkan penjelasan tentang Joy Division (New Order), The Cure, Depeche Mode, Siouxsie and The Banshees, Duran Duran, dll. Padahal, band-band tersebut yang sangat membentuk musik di era 80’an. Dan yang sama sekali tidak tersentuh adalah aliran musik Hip/Nu Metal. Ini adalah hal yang aneh mengingat dokumenter ini adalah produksi tahun 2004, buktinya ada Franz Ferdinand. Seharusnya, band seperti Limp Bizkit, Korn, Linkin Park juga dicakup dalam serial 7 Ages. Oleh karena itulah, saya menyarankan agar video ini sebaiknya ditonton mereka yang sudah paham sejarah musik Rock, ya katakanlah video ini akan melengkapi pengetahuan yang sudah mereka miliki sebelumnya.

Terlepas dari kekurangan di atas, serial ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin memperkaya khasanah pengetahuan musik Rock. Sisi bagus dari 7 Ages adalah perhatiannya yang besar pada tokoh musik yang dianggap paling penting dalam membentuk sebuah sub-genre Rock dan budaya kehidupan di masa ketika tokoh tersebut berjaya. BBC berhasil mengupas aspek-aspek kecil dari kehidupan tokoh-tokoh ini untuk menambah pengetahuan kita. Contohnya, dari semua musisi Rock tahun 60’an, BBC menemukan Jimmy Hendrix sebagai artis yang paling berpengaruh dalam membentuk musik di masa itu meski dia sendiri memulai karir telat dibandingkan The Beatles, Rolling Stones, The Yardbirds, dll. Maka fokus dari episode 1 adalah pendalaman dari tokoh Jimi Hendrix. Sama halnya dengan episode Heavy Metal yang memusatkan perhatian pada Black Sabbath dan Judas Priest daripada Led Zeppelin dan Deep Purple karena kedua band pertama dianggap memiliki nuansa musik metal yang lebih kental, punya rentang karir yang panjang dan sosok tokoh yang sangat berpengaruh. Pada episode 6, Left Out of Dial, BBC membuat pilihan tepat dengan membahas 2 band berpengaruh dalam musik Alternatif; Nirvana (Kurt Cobain) dan R.E.M., secara mendalam dan terperinci. Jadi, silahkan tonton video ini dengan mencarinya di toko musik terdekat atau dengan membeli videonya secara online dari BBC 2 atau VH 1.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s