Kode Kedaluwarsa Tinta Printer

Seperti halnya produk makanan dan minuman, tinta printer sebetulnya juga memiliki kode kedaluwars. Ini terjadi karena tinta printer memiliki masa pakai yang terbatas. Setelah produk tinta keluar dari pabrik, perusahaan sudah membuat perhitungan sampai kapan tinta tersebut masih layak pakai. Apabila sebuat tinta printer berada di rak terlalu lama, tinta itu beresiko menjadi keras, menguap, atau mengalami penurunan mutu. Apalagi, di cartridge tinta ada busa yang berfungsi untuk menahan tinta agar tidak gampang keluar. Busa ini bisa saja mengeras setelah tidak pernah dipakai untuk jangka waktu lama.

Oleh karena itu, setiap produk tinta printer memiliki kode kedaluwarsa yang tertera di kotak pembungkus. Kode ekspirasi ini dibuat oleh pabrik untuk memberi tahu konsumen bahwa tinta masih layak pakai bila belum melewati batas yang ditetapkan. Ini berarti, bila tinta dibeli pada saat masa layak pakai berlalu, Anda akan mendapatkan tinta yang sudah beku atau kotor. Pada contoh foto di bawah, Canon menaruh kode ekspirasi tinta pada bagian bawah kotak sehingga kita tahu kapan tinta ini bisa dipakai: Juli 2013. Kalau Anda memakai tinta setelah lewat bulan Juli 2013, tinta sudah tidak layak lagi digunakan dan Anda terpaksa harus membuangnya. Jika Anda masih nekat memakainya, mungkin akan timbul resiko yang berdampak pada rusaknya printer.

Jadi, konsumen harus teliti saat membeli tinta printer. Sebelum Anda membayar, selalu cari dan baca kode ekspirasi tinta printer agar Anda tidak mengalami kerugian uang dan rusaknya printer.  Saat ini, ada banyak toko yang menjual tinta printer kedaluwarsa namun masih mengenakan biaya tinta baru pada konsumen. Saat konsumen lengah, mereka akan terjebak memebeli tinta kedaluwarsa tapi membayar dengan harga tinta baru. Praktik tidak bertanggung jawab ini bisa menimbulkan masalah saat printer Anda rusak akibat penggunaan tinta kedaluwarsa. Salam belanja,🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s