Ulasan Helem: Nolan N63

Baru-baru ini saya beli helem baru Nolan N63 Checa hitam matte, pengganti AGV GP1 yang sudah berusia 5 tahun. Ada dua alasan tentang mengapa saya membeli helem tipe ini. Alasan pertama adalah karena saya tidak bisa lagi menemukan GP1 (sudah tidak diproduksi) dan alasan berikutnya adalah karena helem ini adalah yang paling murah serta handal dari banyak merek impor lainnya. Meski begitu, Nolan bukanlah merek baru untuk saya karena ketika saya naik sepeda motor pertama kalinya (1997), saya sudah menggunakan Nolan full face N4x (saya lupa tipenya).

Saya memilih helem ini karena satu hal, ada peta Nusantara di rahang kanan. Sebenarnya saya tidak menyukai helem warna hitam tetapi decal peta dunia pada permukaan serta decal peta Nusantara membuatnya tampil unik dan berbeda. Bahkan dalam kondisi malam sekalipun, helem ini terlihat unik dan menarik perhatian siapa saja. Saat saya bekendara atau berhenti kala lampu merah, saya selalu melihat beberapa pasang mata menatap helem saya. Bahkan saya pernah melihat 2 pengendara Ninja 250 menatap ke arah saya ketika sepeda motor mereka berpapasan dengan saya.Lucunya, tatapan mata mereka seperti heran dan iri karena pengendara sepeda motor bebek pakai N63, mungkin karena mereka pakai INK dan Kyt.

Kesan-Kesan

Menggunakan helem ini pertama kali seperti mengingatkan saya ketika memakai Nolan N4x. Dalam genggaman tangan, helem ini terasa ringan namun saya bisa merasakan kekokohannya. Warna hitam matte bukanlah selera saya tetapi keindahan decal menutupinya dengan baik.  Bagian dalam helem terasa lembut di kulit wajah dan kepala berkat penggunaan bahan liner yang lembut. Yang bagus dari N63 adalah kemudahan untuk melepas busa pelapis pipi apabila saya ingin membersihkannnya atau menjemur. Kunci helem sudah menggunakan tipe buckle dengan serrated tab yang menjamin penguncian akurat. Visor terbuat dari bahan plastik polyurathene yang kuat dan sangat jernih.

Saat saya memakainya pertama kali, saya langsung mengujinya saat bekendara di kala hujan. Meski lapisan cat helem bertipe matte, ternyata air hujan jatuh mulus dan mengalir dari helem dengan baik. Saat saya telah sampai di tempat tujuan, saya tidak melihat noda air di permukaan batok helem. Dalam hal sirkulasi udara, ventilasi helem bekerja dengan baik di saat hujan maupun kering.

Dua lubang ventilasi di atas mengalirkan udara segar untuk mendinginkan mahkota (crown) kepala serta ubun-ubun saat saya tengah melaju di atas sepeda motor. Udara segar yang masuk juga mendorong udara panas keluar lewat dua lubang ventilasi yang lebar, persis di belakang kepala. Di bagian dagu juga terdapat lubang ventilasi kecil yang memiliki fungsi mengalirkan udara segar untuk mendinginkan wajah (sangat bagus saat bekendara di udara kering/panas) atau mengurangi kabut di kaca helem saat bekendara di saat hujan. Untuk mengatasi kebisingan, N63 memiliki kemampuan meredam bunyi cukup baik berkat busa helem yang cukup padat tetapi tidak membuat pengendara seperti tuli.

Dari segi aerodinamika, saya merasa N63 memiliki bentuk bulat yang aerodinamis dalam membelah udara yang datang dari arah depan pengendara. Selain itu, lekukan aerodinamika di bagian crown serta rahang, membantu untuk mengurangi hambatan angin sekaligus membantu untuk mengalirkan udara panas keluar dari dalam helem tanpa menciptakan turbulensi besar di belakang helem.

 

Kesimpulan

Secara umum, saya berpendapat bahwa N63 adalah helem yang ideal untuk pengendara sepeda motor yang sehari-hari bepergian dengan kendaraannya. Meski helem ini tipe full-face, ia tetap nyaman bagi siapapun yang mengenakannya. Bagusnya lagi, helem ini cocok dipakai untuk mengendarai sepeda motor apapun meski helem ini jelas tidak cocok untuk balapan serius. Di pasaran, harga helem ini Rp2.200.000 dan Anda bisa mendapatkannya dalam berbagai pilihan warna serta corak grafis (selama ada persediaan). Semoga tulisan ini menambah ulasan tentang Nolan N63 yang sangat jarang di internet.

Jika Anda berminat, silahkan sambangi toko berikut ini:

Juragan Helem

Leave a Reply

