Pentingnya Perlengkapan Bekendara Sepeda Motor

Mengenakan helem sudah menjadi kebiasaan bagi banyak pengendara sepeda motor di Indonesia. Meski hal ini masih terlihat sebagai usaha menghindar dari tilang dan denda, kondisi ini sudah cukup bagus. Hanya saja, kebanyakan pengendara sepeda motor memandang helem bukan sebagai alat keselamatan sehingga mereka mengira bahwa pengendara sepeda motor cuma perlu memakai helem saja, tidak perlu perlengkapan bekendara yang lain.

Meski helem melindungi bagian penting dari tubuh manusia, yaitu kepala (otak), itu belum cukup untuk melindungi pengendara dari resiko kecelakaan. Pengendara sepeda motor tetap harus menggunakan pelindung badan lainnya seperti jaket dan celana panjang. Jaket bermanfaat dalam melindungi pengendara dari terpaan angin, sekaligus menjaga tubuh tetap hangat, dan, dalam situasi kecelakaan, jaket akan melindungi lengan, bahu, dan torso dari benturan/gesekan. Keuntungan dari jaket akan semakin bertambah apabila jaket terbuat dari bahan yang tahan gesekan, memiliki lapisan tebal atau panel pelindung bahu dan lengan. Sedangkan, celana panjang melindungi kaki (paha, lutu, tulang kering, betis) dari resiko benturan/gesekan saat mengalami kecelakaan. Setidaknya, jaket dan celana panjang mengurangi resiko tubuh mengalami luka terbuka (baret atau robek kulit/daging). Akan lebih bagus lagi apabila pengendara melengkapi dirinya dengan panel pelindung tubuh tambahan seperti pelindung lutut atau mengenakan pakaian dengan panel busa pelindung badan.

Untuk lebih menyakinkan diri, video layanan masyrakat dibawah ini akan memberikan simulasi tepat tentang apa yang dapat terjadi pada pengendara sepeda motor yang hanya memakai helem tetapi tidak menggunakan pelindung badan yang lain.

Helem mampu melindungi kepala (otak) dari benturan tetapi tidak melindungi angora tubuh lainnya dari resiko kecelakaan. Jadi tepatlah ucapan, “If you’re not wearing the right gear, you may as well be wearing nothing.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s