Kisah Unik Ducati 916 SPS Fogarty Replica

Apakah sepeda motor Ducati favorit Anda? Ducati Panigale? Superleggera? Desmosedici? 999? 916? Setiap edisi Ducati memiliki sejarah dan harga-nya sendiri namun lewat pengecekan data di eBay, Visordown menemukan fakta unik yang menciptakan daftar harga Ducati termahal di eBay. Ke-10 edisi Ducati termahal adalah (urutan dimulai dari yang termurah):

10. Ducati Mike Hailwood 900SS

9. Ducati 1098 ‘Superstock Spec’

8. Ducati 999R

7. Ducati 996 R (2001)

6. Ducati 750 F1 Santa Monica

5. Ducati 1199R Panigale

4. Ducati Pierobon F042

3. Ducati 914/955 SPA AMA Special

2. Ducati 916 SPS Foggy Rep

1. Ducati Desmosedici RR

Setiap edisi memiliki sejarah yang unik sehingga sepeda motor di daftar atas memiliki harga yang berbeda-beda. Meski Visordown mengkritik harga dari beberapa edisi, ada juga edisi yang memang mendapat persetujuan dari Visordown untuk mengusung harga mahal. Di dalam daftar ini, ada satu sepeda motor yang mengusung harga jual (bekas) yang terlalu mahal dalam pandangan wartawan media: Ducati 916 SPS Foggy.

Saya tidak akan memperdebatkan pendapat Ben (wartawan penulis artikel) terhadap harga jual sepeda motor replika Ducati Carl Fogarty, namun saya akan memberikan sedikit nukilan sejarah tentang sepeda motor ini.

Pabrik sepeda motor Ducati termasuk jarang membuat dan menjual sepeda motor replika yang didekasikan kepada legenda balap dan ini terlihat dari koleksi yang resmi dikeluarkan pabrik di Bologna. Sejauh yang saya ketahui, Ducati baru meluncurkan edisi replika untuk tiga pebalap legendaris; Mike Hailwood 900SS (’86) (‘2000), Senna (’94) (‘2013), dan Fogarty (’98). Yang unik adalah edisi replika Foggy yang muncul justru ketika Carl Fogarty masih aktif mebalap, padahal edisi Hailwood dan Senna keluar ketika kedua tokoh balap tersebut telah tiada. Kisah di balik munculnya replika balap ini adalah hasil dari pertarungan dua kepentingan berbeda.

Pada tahun 1997, Carl “Foggy” Fogarty adalah pebalap tim pabrik Ducati Superbike yang bernaung dalam tim Ducati Performance. Bagi Ducati, Carl bukanlah wajah baru karena ia telah bergabung dengan tim pabrik semenjak 1993 dan meraih gelar juara dunia World Superbike (WSBK) dua kali, tahun 1994 dan 1995. Hanya saja, Foggy pindah ke tim Honda Castrol (’96) namun gagal mempertahankan gelar juara dunia WSBK sehingga ia memutuskan kembali ke Ducati (’97). Pada kurun dua tahun ini, tim pabrik Ducati hanya sekali mendapatkan gelar juara dunia lewat tangan Troy Corser (’96) dan kehilangan gelar di ’97 (Kocinski merebutnya dengan Honda RC 45).

Nah, Ducati mencanangkan gelar juara dunia WSBK di musim kompetisi 1998 lewat tiga pebalap resminya; Troy Corser, Pierfrancesco Chilli, dan Carl Fogarty. Dengan Corser dan Chilli, pabrik Ducati tidak menemukan hambatan, tapi ada masalah “kecil” dengan Fogarty. Ducati ingin meneruskan kontrak Foggy, tetapi mereka keberatan dengan nilai kontrak yang Carl inginkan. Ducati hanya ingin membayar £500,000 namun Foggy menginginkan £700,000. Ducati menganggap nilai yang Carl inginkan terlalu mahal karena kontrak Corser serta Chilli tidak setinggi itu, lagipula Foggy kering prestasi karena tidak memenangkan gelar juara dunia Superbike selama dua tahun (’96-’97). Akan tetapi, Foggy tidak mau mengubah posisi karena ia tahu dirinya memiliki nilai penting bagi Ducati, i.e., ia masih mampu menjadi juara dunia dan memiliki pengaruh pada penjualan Ducati di Inggris.

Pada titik itulah muncul kehadiran orang luar, namun punya kaitan dengan Ducati. Orang tersebut adalah Hoss Elm, direktur Moto Cinelli yang menjadi importir resmi sepeda motor Ducati di Inggris. Hoss tahu bahwa Carl Fogarty memiliki posisi penting bagi tim balap serta pabrik dan ia tahu bahwa Ducati keberatan membayar kontrak mahal Foggy. Ia kemudian mengusulkan sebuah proposal bisnis yang cerdik dimana ia meminta agar Ducati memproduksi sepeda motor replika Foggarty yang akan dijual khusus bagi pasar Inggris. Keberadaan Foggy sebagai juara dunia WSBK ’94 dan ’95 telah mengangkat penjualan Ducati di Inggris, sehingga Hoss tahu konsumen sepeda motor di Inggris pasti mau membeli Ducati edisi replika Foggarty, meskipun mahal. Hoss juga mengusulkan agar Ducati menambahkan £1,000 pada harga jual yang akan jumlahnya bisa menutupi selisih £200,000 untuk kontrak balap Fogarty. Meski keberatan, Ducati akhirnya menyetujui proposal Helm untuk dua alasan🙂

Pada musim kompetisi WSBK 1998, Ducati akan melakukan perubahan teknis pada sepeda motornya untuk meraih target juara dunia. Sesuai aturan WSBK, setiap pabrik yang melakukan perubahan teknis (sekecil apapun) pada sepeda motor wajib melakukan produksi masal dan menjual sepeda motor pada konsumen umum. Di sinilah rencana Hoss Elm bekerja dimana Ducati dapat melakukan pengubahan teknis pada Ducati 916 dan punya alasan untuk meluncurkan sepeda motor revisi sebagai edisi replika Foggy. Dengan alasan edisi replika, Ducati bisa menjual sepeda motor 916 SPS Foggy (aslinya 996cc) dengan harga sedikit lebih mahal sehingga memberikan keuntungan tambahan £200,000 yang dapat menutupi selisih harga kontrak yang diinginkan Carl Foggarty. Di satu sisi, Ducati tetap memiliki Foggy dengan membayar £500,000 (kas perusahaan) + £200,000 dari keuntungan unit replika. Di sisi lain, sepeda motor baru Ducati, yang telah mengalami perubahan teknsi, tetap bisa masuk kompetisi karena telah diproduksi masal.

Ducati 916 SPS Foggy diproduksi sebanyak 200 unit (sesuai ketentuan WSBK) dimana dua unit sepeda motor diberikan kepada Carl dan musium Ducati. 198 unit lainnya masuk secara khusus ke pasar Inggris dan siapapun yang menjadi pembeli pertama telah menolong mempertahankan Foggy sebagai pebalap tim pabrik pada musim kompetisi 1998. Carl pada akhirnya kembali menjadi juara dunia WSBK di musim ’98 dan ’99, sekaligus mengkonfirmasi dirinya sebagai legenda Ducati dan WSBK (baru Carl yang menjadi juara dunia terbanyak: 4 kali). Meski Foggy belum pensiun pada saat Ducati 916 SPS Foggy dibuat, hasil akhirnya menunjukan bahwa sepeda motor edisi ini memang pantas dipersembahkan bagi salah satu pebalap terbaik dunia.

Sumber:

Carl Fogary: The Complete Racer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s