Rig Ideal untuk iPhone 5/5s

Untuk mereka yang senang membuat video dengan peralatan sederhana, telepon pintar (ponpin) adalah gadget yang ideal lantaran ponpin masa kini sudah memiliki fitur yang mendukung, seperti, kamera, aplikasi rekam video, aplikasi sunting video, untuk membuat video sederhana. Setelah proses pembuatan dan penyuntingan selesai, pembuat video bisa langsung mengunggah hasil rekaman ke internet, seperti YouTube atau Vimeo, atau menyimpannya ke komputer pribadi.

Meskipun begitu, ada satu kendala yang sering menhinggapi siapapun yang berencana untuk membuat video dengan ponpin, yaitu rig kamera. Merekam video dengan iPhone/Android adalah pekerjaan yang mudah, tetapi ini juga melelahkan bilamana Anda harus memegang ponpin untuk jangka waktu lama. Solusinya adalah menggunakan tripod untuk menopang ponpin ketika melakukan perekaman video dan hal ini telah tersedia lewat produk-produk aksesoris yang sudah beredah di pasar:

Walau begitu, aksesoris ini masih memiliki beberapa kelemahan. Glif dan Joby GripTight memudahkan pemakai ponpin untuk menggunakan tripod guna menstabilkan pengambilan gambar tetapi tidak ada tempat untuk menggunakan aksesoris penerangan seperti lampu LED. Klyp+ memberikan nilai ekstra karena selain memiliki dudukan untuk tripod juga memberikan aksesoris lampu LED untuk menambah pencahayaan. Ini sangat baik apabila seseorang melakukan rekaman video di ruang tertutup atau minim cahaya. Bagusnya lagi, Manfrotto memberikan pilihan aksesoris lensa yang dapat meningkatkan kemampuan kamera ponpin dalam menangkap gambar. Sayangnya, Klyp+ akan sulit mendapatkan dukungan dari pembuat video yang ingin memakai mikrofon eksternal karena casing ini tidak memiliki dudukan untuk menaruh mikrofon. mCam Lite hadir mengisi ceruk kosong mikrofon eksternal karena casing ini memiliki dudukan untuk lampu LED serta menyertakan mikrofon eksternal untuk meningkatkan mutu audio dari video buatan ponpin. Jadi, mCam Lite memberikan kemudahan untuk penggunaan tripod, aksesoris lensa, menambah aksesoris lampu penerangan. Akan tetapi, timbul satu masalah dimana pengguna mCam Lite terpaksa harus memakai mikrofon buatan mCam.

Lewat penelusuran internet, saya menemukan sebuah web yang menjual rig ideal untuk ponpin. Meski saya belum pernah mencobanya, lewat deskripsi di website dan kanal YouTube, saya merasa ini peralatan paling ideal untuk mereka yang tertarik dengan pembuatan video menggunakan ponpin atau tablet. iOgrapher secara umum adalah casing yang memungkinkan siapa saja untuk menaruh ponpin/table di atas tripod jenis apapun. Meski memiliki ukuran besar, casing ini memiliki 2 dudukan yang memungkinkan penggunanya menaruh aksesoris lampu LED serta mikrofon eksternal, peralatan standar dalam membuat video. Ini adalah alat yang menjawab kegelisahan pembuat video yang mencari satu rig sederhana yang memungkinkan penggunaan aksesoris lampu serta mikrofon eksternal. Sepertinya saya akan mencoba peralatan ini. Jika Anda tertarik, silahkan tonton video penjelasan tentang iOgrapher di bawah ini. Mungkin Anda akan tertarik untuk mencobanya juga,🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s