Lowepro Pro Tactic

Lowepro, produsen tas fotografi, menghentak dengan edisi barunya, Pro Tactic. Hadir sebagai bagian perayaan 47 tahun usia merek ternama, Lowepro menciptakan tas punggung yang memenuhi kebutuhan fotografer yang harus bergerak cepat dan menginginkan kemudahan dalam bekerja. Dengan mengambil inspirasi dari tas-tas yang muncul sebelumnya, Lowepro meluncurkan Pro Tactic yang membidik fotografer tipe mobile atau fotojurnalis.

Pro Tactic menjadi tas pertama yang memungkinkan seorang fotografer mengatur sendiri posisi kamera di dalam tas dan (ini yang istimewa) mengakses peralatan fotografi dari berbagai posisi. Kemudahan mengatur isi tas sudah lama menjadi ciri khas Lowepro dimana fotografer bisa mengatur posisi kamera dengan menaruh panel busa dalam pelbagai posisi yang ia sukai. Hebatnya lagi, Pro Tactic menyediakan 4 “pintu” akses untuk mengambil peralatan kamera/lensa. Posisi 1, berada di bagian atas tas (mirip dengan tas edisi Top Loader). Posisi ke-2 mengambil bagian punggung tas (persis dengan edisi Flipside). Posisi ke-3 dan 4 berada di sisi samping kiri dan kana tas (sama dengan edisi Transit). Bagusnya, posisi akses kanan memudahkan fotografer kidal dalam mengambil kamera. Hanya satu akses yang tidak ada yaitu lewat bagian depan tas.

Nampaknya Pro Tactic sengaja mengambil inspirasi dari Flipside serta Transit karena faktor kemudahan dan keamanan. Meniadakan reselting dari bagian depan membuat maling kamera akan mengalami kesulitan ketika hendak membongkar tas punggung yang sedang dikenakan. Penerapan resleting samping juga memudahkan fotografer untuk bisa segera mengambil kamera ketika ia melihat momen yang baik untuk difoto. Untuk menjawab kebutuhan dijital, Pro Tactic membuatkan satu panel khusus untuk laptop 13″ atau tablet yang, sayangnya, hanya bisa diakses dari bagian atas tas.

Kelebihan lain dari tas ini adalah banyaknya rongga-rongga yang ada dipermukaan tas sehingga fotografer dapat mencantelkan peralatan fotografi lainnya dengan memakai tas-tas kecil Lowepro atau merek lain. Sama seperti edisi Lowepro lainnya, Pro Tactic juga memiliki fitur untuk menaruh tripod di depan atau di samping tas. Dengan pemilihan warna hitam pekat, Pro Tactic mencoba untuk menurunkan penampilan tas fotografi agar mendekati tampilan tas biasa, sekaligus menurunkan potensi kriminal.

Agar Pro Tactic tetap nyaman dikenakan dalam kondisi apapun, Lowepro telah memberikan pelindung hujan (rain cover) yang tersedia di bagian bawah tas. Fotografer hanya perlu menariknya dan menyelubungi tas dalam hitungan detik. Untuk menunjang ergonomi tubuh, telah tersedia tali sternum serta pinggang sehingga pemakai bisa membuat tas melekat lebih dekat dengan tubuh dan menyeimbangkan distribusi bobot tas. Tas ini baru keluar pada bulan ini sehingga belum diketahui harga jual di pasar. Untuk masuk ke Indonesia, sepertinya penggemar Lowepro harus menunggu hingga, setidaknya, akhir tahun ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s