Steadicam Masuk Era Gimbal Elektronik

Setelah bertahun-tahun bertahan dengan konsep stabilizer kamera yang berlandaskan pada pemberat, Steadicam akhirnya tidak bisa lagi menghindar dari kenyataan bahwa dirinya pun perlu membuat stabilizer ponpin yang menggunakan penyeimbang elektronik.

Derasnya kehadiran gimbal elektronik dari EVO, Feiyu, IKAN, dan terakhir Dji membuat pasar Steadicam untuk gimbal ponpin tergerus. Tidak semua orang menyukai Steadicam Smoothee dan Curve yang masih mengandalkan keseimbangan manual. Khusus untuk Smoothee, bentuknya yang besar membuatnya sulit untuk dibawa-bawa karena memerlukan tempat penyimpanan khusus.

Kesuksesan dari EVO, Feiyu, Ikan, dan Dji membuat Steadicam sadar untuk tidak hanya mengandalkan kesimbangan manual. Setelah setahun melakukan eksperimen, Steadicam mengumumkan di CES 2017 bahwa mereka akan membuat dan menjual Steadicam Volt. Bermitra dengan Yuneec, Steadicam merancang ulang Smoothee dengan cara mempertahankan desain lama dan menambahkan elemen penyeimbang elektronik yang dibuat Yuneec. Dalam video promosi yang mereka buat untuk penggalangan dana di Kickstarter, terlihat sekilas tidak ada perbedaan antara Volt dengan Smoothee. Kelebihannya, Volt:

  1. Dapat dilipat dan masuk saku jaket.
  2. Memiliki motor penyeimbang elektronik.

Motor elektronik (electronic gyro) membantu pemakai yang mengalami kesulita untuk melakukan penyeimbangan secara manual. Kelebihan lainnya, Volt masih memakai beban penyeimbang sehingga Volt dapat dipakai terus meski motor elektroniknya kehabisan daya. Dalam CES 2017, Lok mencoba Steadicam Volt dan videonya dapat dilihat di sini.

Meskipun begitu, masih ada keterbatasan dari Volt dan tidak bisa menandingi kelebihan gimbal elektronik buatan Dji, EVO, dan Feiyu. Kekurangan Volt, penyeimbangnya yang besar menyulitkan pemakai apabila menggunakan Volt untuk pengambilan gambar dalam tingkat rendah. Selain itu, Volt tidak memiliki tambahan aksoris untuk penggunaan tripod, penambahan lampu penerang, dan mikrofon. Meski begitu, Volt memiliki kelebihan dalam hal respons yang cepat daripada motor elektronik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s