Office Lens: Ulasan & Tutorial

Aplikasi portable scanner (pemindai portabel) memudahkan orang-orang ketika ingin melakukan pemindaian terhadap dokumen-dokumen cetak tetapi tidak memiliki akses terhadap mesin pemindai (scanner). Dengan aplikasi pemindai, orang cukup mengarahkan kamera ponpin ke arah dokumen dan mengambil gambar untuk selanjutnya di simpan sebagai foto (JPEG) atau dalam format lainnya (PDF).

Beberapa aplikasi di pasar tersedia untuk memenuhi kebutuhan ini seperti CamScan Lite (gratis), DocScan (gratis), dan ScanBot (bayar). Hanya saja, aplikasi-aplikasi ini tidak semuanya bermutu bagus dan aplikasi gratis selalu memberikan fitur-fitur yang terbatas. Kekurangan lainnya, ada aplikasi pemindai yang hanya tersedia untuk satu jenis platform (Android atau iOS).

Untunglah Microsoft hadir dan memberikan Office Lens, aplikasi pemindai portabel yang tersedia bagi pengguna gawai Android dan iOS. Aplikasi ini tersedia gratis di Google Playstore dan AppStore serta bisa diunduh kapan saja. Untuk bisa menggunakan aplikasi, Anda harus membuat akun di Microsoft.com terlebih dahulu dengan cara mengetik alamat surel dan membuat kata sandi. Setelah itu, Anda bisa menikmati semua fitur Office Lens.

Sebelum memakai Office Lens, saya adalah pengguna setia DocScan dan CamSacan Lite. Kedua aplikasi ini saya pakai dengan alasan yang berbeda. DocScan adalah aplikasi pemindai portabel paling bagus untuk gawai iOS tetapi ia tidak tersedia bagi gawai Android. CamScan Lite hadir dengan kelebihan Multi platform tetapi ada beberapa fitur yang dimatikan karena versi Lite adalah versi gratis.

Office Lens lebih baik daripada CamScan tetapi belum melebihi DocScan. Hanya, Office Lens lebih cerdas daripada kedua aplikasi di atas dan memiliki lebih banyak fitur yang istimewa. Office Lens dapat memindai dokumen dalam medium cetak, kartu nama, hingga papan tulis (whiteboard). Lebih hebatnya lagi, Office Lens bisa mengekspor hasil pemindaian ke dalam berbagi format dokumen Office seperti Doc, XLS, PPTX, PDF, dan tentu saja JPG.

Silahkan simak penjelasan saya tentang pemakaian Office Lens dalam serial tutorial berikut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s