Belajar Fotografi 360 dengan Google Streetview

 

Fotografi 360 adalah genre fotografi yang sudah lama ada namun menjadi populer belakangan ini dengan munculnya moda foto Panorama di ponpin (telepon pintar) dan maraknya trend virtual reality (VR), yang memicu penggunaan kacamata VR. Hanya saja, fotografi 360 menuntut peminatnya untuk memiliki banyak aksesoris pendukung yang harganya mahal dan agak rumit untuk digunakan.

Untung, pengembang aplikasi berhasil membuat aplikasi-aplikasi ponpin dan tablet yang bisa memenuhi keinginan masyarakat awam yang ingin berhasil membuat foto 360 tanpa harus berinvestasi mahal di peralatan kamera dan membeli atau menyewa aksesoris pendukungnya.

Google Streetview memberikan pemakai gawai Android dan iOS kemampuan untuk membuat foto 360 dengan mendaya gunakan lensa dan kamera di gawai. Hanya bermodalkan ponpin atau tablet, siapapun bisa membuat foto 360, meski kualitasnya tidak akan sebanding dengan peralatan yang profesional. Walau begitu, aplikasi Streetview memiliki kelebihan dimana pengguna-nya bisa mengunggah hasil foto langsung ke Facebook atau Google Map. Silahkan tonton video tutorial dari saya tentang pemakaian aplikasi Streetview dalam membuat foto 360.

 

Advertisements

2 responses to “Belajar Fotografi 360 dengan Google Streetview

  1. hi Pak Todo
    thank you untuk sharingnya.
    Pak mohon info,
    setelah buat fotonya apakah kita bisa save foto persis seperti yg kita buat ( bisa 360 derajat di handphone atau computer kita).
    saya coba save tapi jadi seperti foto panoramic bisa

    • Memang seperti itu bu Vivi. Agar bisa tampil layaknya foto 360, ibu memerlukan software khusus. Untuk mobile, aplikasi gratis yang bisa dipakai adalah Google Streetview, sedangkan di desktop, saya belum punya infonya. Solusi yang bisa saya tawarkan adalah meminjam software dari gadget yang namanya Ricoh Theta. Kalau ada teman/kenalan yang memiliki kamera Richo Theta, ibu pinjam softwarenya untuk ditanam (install) di komputer ibu. Dari situ, ibu bisa menikmati foto 360 secara utuh, bukan sebagai panorama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s