Temuan Menarik dari Survei Guru Dunia

Saya baru membaca hasil dari Survei Guru Dunia yang baru saja dilakukan oleh universitas Cambridge, Inggris. Berdasarkan hasil tanggapan 1500 guru dari 150 negara-negara di dunia ini, ditemukan hasil yang menarik perhatian siapapun yang bergerak dalam dunia pendidikan. Secara umum, hasil survei ini menyatakan bahwa profesi guru sudah mengalami peningkatan mutu sehingga terlihat ada pertumbuhan persepsi positif di kalangan guru terhadap pekerjaan yang mereka tekuni.

Data-data yang menarik untuk disimak adalah

  • 27% guru akan memilih tidak mendukung generasi muda untuk menjadi guru
  • Hanya 1 dari 10 guru yang memilih pekerjaan lain apabila mereka punya kesempatan kedua
  • 70% guru senang melihat murid-muridnya berhasil dalam proses pembelajaran

Walau begitu, masih ada 2 hal yang menjadi kendala terbesar guru-guru dalam menggeluti pekerjaan mereka.

  • 51% guru berpikir bahwa pekerjaan guru tersita untuk urusan-urusan administrasi
  • 46% guru berpendapat bahwa mereka kurang mendapatkan kesempatan untuk pengembangan profesional (continuous profesional development)

Hasil-hasil survei ini menarik dan bisa menjadi bahan kajian bagi organisasi-organisasi keguruan dan pendidikan agar bisa mempertahankan minat dan gairah mengajar guru-guru karen survei Cambridge juga menemukan fakta bahwa mayoritas responden, dari 1500 guru, menganggap bahwa profesi guru bukanlah profesi untuk mengejar keuntungan materi melainkan kesempatan untuk mengubah kehidupan dan membuat perbedaan dalam kehidupan manusia atau komunitas manusia.

 

Leave a comment