Pengalaman PkM di Desa

Saya dan beberapa rekan dosen dari Universitas Dian Nusantara melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di desa Cogreg, Kab. Parung, Kota Bogor, pada 1 Agustus 2022. Ini merupakan bagian dari tugas dosen-dosen perguruan tinggi untuk mengamalkan ilmunya lewat kegiatan penyuluhan/pelatihan bagi kelompok masyarakat di luar lingkungan perguruan tinggi. Saya, Bapak Wahyu Budi, dan Ibu Maya Sekartaji menjadi wakil dari Program Studi Sastra Inggris Undira. Peserta lainnya, adalah dosen-dosen dari Program Studi Akuntasi Undira dan Ibu Ari Purwanti, Dekan FBIS Undira, turut hadir dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) di Cogreg.

Sebagai dosen-dosen dari Program Studi Sastra Inggris, saya dan Pak Wahyu memberikan pelatihan Welcome Greeting (Penyambutan terhadap tamu) kepada staf pengelola Pemandian Air Panas Tirta Aguna. Kami mengajarkan eskpresi-ekspresi dasar yang bisa dipakai oleh karyawan-karyawan Tirta Aguna saat meladeni tamu warga negara asing yang hanya bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Pelatihan ini diikuti antusias oleh pengelola dan karyawan Tirta Aguna karena mereka bercerita tempat pemandian mendapatkan kunjungan dari wisatawan-wisatawan Korea dan Jepang.

Selain dosen-dosen dari Program Studi Sastra Inggris Undira, terlibat juga beberapa dosen yang memberikan pelatihan/penyuluhan sesuai kepakaran masing-masing. Ada Ibu Ari Apriani, Ibu Desi Ramayanti, dan Bapak Giri Purnama. Selain melakukan PkM, dosen-dosen Sastra Inggris Undira melakukan banyak hal lainnya dan sebagian dari rekaman kegiatan tersua di kanal Prodi Sastra Inggris di YouTube.

One response to “Pengalaman PkM di Desa

  1. Pingback: PkM Dosen Prodi Sastra Inggris di Desa Cogreg – Todo's corner·

Leave a comment