Pelajaran Dari Masa Depresi Hebat AS

Suatu pelajaran berharga dari para kakek dan nenek yang berhasil melewati Depresi Hebat.

1. Hiduplah dari gaji Anda. Buat anggaran terhadap segala pengeluaran dan berdisplinlah dengannya.

2. Fokus pada kebutuhan, bukan pada keinginan. Memang mata lebih besar daripada perut. Yang menjadi kebutuhan adalah makanan, cicilan rumah, kesehatan, dan peralatan.

3. Selain sekolah dan bekerja, tinggalah di rumah. Hindari kegiatan yang membuat Anda harus menempuh jarak jauh hingga menghabiskan ongkos transportasi, waktu, dan dana persiapan.

4. Kurangi minuman beralkohol dan utamakan air, teh, atau kopi.

5. Bawa makanan dan minuman Anda dari rumah. Ini menghemat pengeluaran jajan.

6. Berbelanjalah untuk kebutuhan Anda, bukan untuk hiburan. Pembelian impulsif yang tidak dilandasi kebutuhan hanya membuang uang dan menghalangi Anda untuk memiliki hal yang paling diperlukan.

7. Berpikirlah sebelum membeli mobil baru. Selama mobil lama Anda masih dalam kondisi baik dan dapat melayani kebutuhan Anda, jangan pernah membeli mobil baru. Mobil baru membuat Anda harus menganggarkan lebih banyak uang untuk servis rutin, pembayaran pajak, dan perbaikan kerusakan.

9. Gunakan apa yang Anda miliki. Maksimalkan penggunaanya. Kalau perlu, pakai barang itu hingga rusak. Simpan uang Anda agar saat kondisi membaik, Anda bisa menggunakan simpanan itu untuk hal yang lebih baik lagi.

Leave a comment